http://www.iconarchive.com/show/red-orb-alphabet-icons-by-iconarchive/Letter-W-icon.html bagi bagi ilmu: anatomi dan fisiologi penginderaan

anatomi dan fisiologi penginderaan

pengertian

Panca indera adalah organ- organ akhir yang di khususkan untuj menerima jenis rangsangan tertentu. Serabut saraf yang menanganinya merupakan alt perantara yang membawa kesan rasa  (sensori impression) dari organ indera menuju otak diamana perasaan ini ditafsirkan.
Beberapa kesan timbul dari luar seperti sentuhan, pengecapan, penglihatan, penciuman dan suara. Ada kesan yang timbul dari dalam antara lalin, lapar, haus, dan rasa sakit.
Dalam segala hal, serabut saraf  sensorik dilengkapi dengan ujung akhir khusus mengumpulkan rangsangan yang khas dimana setiap organ berhubungan. Sisitem indera memerlukan  bantuan  sistem saraf  yang menghubungkan badan  indera dengan sistem  saraf  pusat, organ  indera  adalah  sel – sel  tertentu yang dapat menerima stimulus  dari  lingkungan maupun dari  badan  sendiri  untuk  diteruskan sebagai implus  saraf  melalui  serabut  saraf  ke  pusat  susunan  saraf. Setiap organ indera memerima stimulus tertentu, kesan yang sesuai sebagai sistem organ indera hanya mampu menerima stimulus, menghasilkan dan mengirim implus saraf, interpretasi dari pada semua organ indera dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu, organ indera umum seperti reseptor raba tersebar di seluru tubuh dan organ indera khusus seperti puting pengecap penyebaranya terbatas pada lidah.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar